Welcome to 20!

10.36

Selamat datang di usia 20! Artinya, kalian telah mengakhiri masa-masa remaja kalian. Memang ini cukup sedih, karena masa remaja adalah masa-masa di mana kita pernah melakukan hal-hal tergila. But, teenage year was wonderful year, right? Memang yang pertama kali dirasakan adalah merasa tua. Tetapi, bukan berarti menjadi tua itu menghalangi seluruh potensi dan kesempatan dalam meraih sebuah kesuksesan. Saya melihat para tokoh-tokoh terkenal banyak yang meraih kesuksesan di umur 20. Dan dapat diartikan bahwa usia 20 adalah masa keemasan untuk mencapai puncak kesuksesan.


Jangan menyia-nyiakan saat kalian berada di usia 20 tahun. Mengapa? Karena usia 20 tahun merupakan periode penting dalam kehidupan kita. Kalian pasti akan menemui tantangan baru dan berbagai macam masalah melanda yang memaksa kita untuk menyelesaikannya. Kita dipaksa untuk berpikir menyelesaikan problem kehidupan yang ada. Bapak saya pernah menasehati saya ketika down akibat sebuah masalah yang membuat beban di pikiran saya. Intinya, ketika sebuah masalah melanda jangan pernah kita lari dari permasalahan tersebut, selesaikan hingga tuntas. Waktu itu saya menyadari bahwa masalah yang saya alami hanya sebagian kecil dari berbagai macam masalah yang pernah dialami oleh orang-orang di sekitar saya. Sebagai pribadi yang dewasa, saya harus berpikir jauh untuk menyelesaikan masalah saya sendiri apa pun caranya. Karena saya tahu bahwa semakin kita menghadapi problem yang kompleks, itu dapat mengubah kita menjadi pribadi yang dewasa.

Pernah suatu hari saya merenung. Saya memikirkan sebuah masa depan saya. Saya berpikir apa yang dapat saya berikan di usia 20 ini. Karena saya berpikir betapa ruginya apabila kita tidak memanfaatkan momen yang hanya datang sekali dalam kehidupan saya. Saya selalu membuat daftar list untuk kehidupan saya yang harus dicapai demi sebuah impian. Membuat list kehidupan adalah hobi saya sejak lulus SMA. Pernah suatu hari saat acara Leader Camp di SMA, kami disuruh menuliskan list-list impian kita untuk masa depan. Dan menurut saya itu adalah hal yang sangat menyenangkan hahaha. Karena kita berimajinasi setinggi mungkin. Saya ingat, satu hal yang pernah saya tulis pada sebuah kertas adalah "Sebelum usia 20 tahun, aku sudah harus mempunyai sebuah bisnis. Aku sukses sebelum atau saat umur 20." (Aamiin.....) Dua hal itu yang selalu saya ingat dalam kepala saya, 

Kecemasan ketika menginjak usia 20 itu pasti. Tetapi, jangan jadikan sebuah kecemasan itu menghalangi perjuangan kita. Mungkin akan ada banyak ujian yang akan kalian hadapi. Yang bisa kita lakukan adalah menyikapinya dengan positif. Always keep your head up guys :) Dalam menyikapi sesuatu janganlah terburu-buru. Ambillah satu langkah dengan tenang. Jika mendapatkan rintangan, tetaplah bertahan. Dan yakinkan pada diri kita sendiri ketika kita sudah melewati usia 20 tahun, akan mendapatkan masa depan yang lebih menjajikan dan lebih dari target atau list kehidupan kita.


"The years nineteen and twenty are a crucial stage in the maturation of character, and if you allow yourself to become warped when you're that age, it will cause you pain when you're older."

Note : Bisa jadikan motivasi buat kalian yang sedang mutung di tengah badai FINAL PROJECT. Semangatttt untuk kalian semua! Badai FP akan segera berlalu guys hohoho :)))

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe